8 Cara Menjadi Agen Properti Ini Jaminan Kesuksesan Anda

Dewasa ini sektor properti berkembang kian positif, hal ini menjadi peluang baru yang cukup menggiurkan bagi banyak orang. Salah satunya adalah menjadi agen properti atau broker.

Bagi agen properti yang baru terjun ke bisnis ini mungkin akan mengambil langkah awal dengan mencari referensi melalui buku-buku panduan dan bacaan di internet dan berusaha untu bergabung di kantor broker ternama. Sementara ini tersedia banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum terjun meniti karir sebagai agen. Dimulai dari belajar bagaimana cara menjual, ilmu marketing dan teknologi real estate terbaru.

Agen Properti

Bagi Anda yang masih bingung darimana harus memulai, ikuti 8 hal penting berikut ini yang memandu Anda sukses menjadi agen properti sukses.

Nah, daripada bingung harus memulai dari mana, simak 8 cara menjadi agen properti berikut ini yang akan memandu Anda untuk menjadi broker sukses.

1. Persiapan dan Perencanaan

Sebagian besar orang meniti karir sebagai agen karena waktunya yang relatif fleksibel. Tetapi faktor ini pula yang menyebabkan karir seorang agen berakhir. Jangan turuti kemana arah alur kerja mengalir, namun persiapkan rencana yang matang tentang apa yang mesti dilakukan setiap harinya.

Misalnya dengan mengiklankan dua daftar online setiap harinya, dengan menetapkan target marketing harian maka Anda dapat menjual proyek properti dengan lebih cepat.

2. Bangun Kredibilitas Figur Anda yang Meyakinkan
Sebagian besar agen baru bertekad bergabung dengan broker ternama untuk meniti karirnya karena yakin dapat mempermudah mendapatkan jaringan, kolega atau klien baru. Walaupun demikian Anda tetap wajib membangun kredibilitas profil Anda yang meyakinkan agar menarik konsumen.

Merujuk kepada strategi marketing yang tepat, membangun brand yang profesional tentunya akan mempermudah kelancaran bisnis Anda. Jadi walaupun bergabung dalam tim yang besar, pastikan posisi diri Anda sebagai bintang penjualan di dalam tim.

3. Jangan Sia-siakan Media Online

Mengutip laporan NAR dan Google, lebih kurang 90 persen calon pembeli rumah mencari properti melalu media online. Oleh karenanya sangat penting untuk menggunakan media online sebagai salah satu wadah marketing proyek properti Anda.

Langkah awal yang bisa dilakukan ialah dengan membuat blog atau memasang iklan melalui portal website seperti Rumah.com. Sebagai agen baru, portal properti seperti Rumah.com dapat membantu Anda menjangkau calon pembeli prospektif dalam 24 jam sehari dan 7 hari dalam seminggu.

4. Bersosialisasi dan Perluas Koneksi

Agen properti akan bersentuhan dengan banyak pihak, mulai dari customer, notaris, dan developer. Untuk itu koneksi yang luas sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Anda. Nah, untuk membangun koneksi sosial secara cepat, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat berkomunikasi dengan klien.

Sisihkan waktu Anda setiap harinya untuk menyapa komunitas sosial, serta mengirimkan konten yang bermanfaat untuk meningkatkan leads secara signifikan.

5. Kelompokkan Klien Anda

Sebagai orang baru, Anda mungkin akan dihadapkan pada banyak kondisi dan keadaan yang tidak terduga. Beberapa klien mungkin dengan mudah melupakan Anda, namun jangan fokus pada satu dua orang saja.

Layani setiap klien Anda dengan baik, dan kelompokkan sesuai demografi dan kebutuhannya masing-masing. Dengan demikian anda akan lebih mudah memberi informasi akan properti yang mereka butuhkan.

6. Persempit Area Spesialis Anda

Sama seperti profesi lainnya, seorang agen yang profesional harus memiliki spesialisasi. Pilih salah satu bidang yang menarik untuk Anda pelajari lebih mendalam. Misalnya mengambil pelatihan atau seminar mengenai green building agar bisa menjadi konsultan bagi klien yang hendak mencari properti yang berstandar hijau.

Dengan spesialisasi yang dimiliki, Anda bisa membuat branding ahli pada bidang tertentu sehingga dapat mengembangkan bisnis dengan lebih cepat.

7. Perkaya Pengetahuan

Belakangan ini klien tidak hanya membutuhkan agen sebagai perantara transaksi jual beli properti saja, namun juga sebagai konsultan. Untuk itulah agen yang baik seharusnya memiliki pengetahuan yang luas seputar dunia properti.

Untuk itu ikuti beberapa pelatihan atau seminar seputar properti dan dunia pemasaran untuk memudahkan Anda dalam memandu klien untuk menentukan pilihan propertinya. Agen yang terpercaya juga wajib memiliki sertifikat dan SIU-P4.

8. Bersikap Profesional

Agar inegritas dan kredibilitas Anda tetap terjaga sebagai agen pemula, selalu terapkan sikap yang profesional kepada agen da koneksi Anda. Sebagai agen yang baik bertindaklah selalu dengan jujur dan baik .

Tidak mengabaikan email yang masuk dengan selalu membalas atau menelpon kembali panggilan tak terjawab. Sebaiknya menghubungi klien pada jam kerja, dan minta maaf jika melakukan kesalahan. Adil dalam memperlakukan setiap orang. Klien akan merasa dihargai jika Anda bersikap secara profesional, hal ini akan memperbesar kemungkinan Anda untuk menjadi agen properti sukses karena referensi dari mereka.

Lihat juga Cara Membuat Pondasi Rumah Yang Kuat