Cara Membersihkan dan Merawat Furniture Rotan

Dulu rotan hanya dikenal sebagai bahan pembuat furniture seperti kursi ruang tamu. Saat ini rotan sudah digunakan pada banyak model dan jauh lebih bervariasi dan sudah diknelas luas sebagai furniture rotan.


Rotan dapat digunakan untuk membentuk bermacam barang di rumah mulai dari tempat lampu, tempat menaruh pernak-pernik hingga keranjang pakaian. Bentuknya juga makin beragam, mulai yang sederhana hingga yang berani keluar dari pakem.

Anda pasti sudah sering melihat berbagai macam dan bentuk furniture rotan. Selain bisa menampilkan kesan etnik, ternyata keunggulan yang dimiliki perabot satu ini cukup banyak.

Perabot rotan yang bahan bakunya banyak tumbuh di daerah Sumateran, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, hingga Nusa Tenggara ini kerap jadi pilihan masyarakat lokal bahkan internasional untuk memperindah huniannya.

Lihat juga 8 Cara Menjadi Agen Properti Ini Jaminan Kesuksesan Anda

Penggunaan furniture rotan selalu menjadi tren dan tak lekang oleh zaman. Selain harganya terbilang lebih murah dibandingkan dengan perabotan lainnya banyak alasan lain mengapa furniture rotan terus jadi pilihan.

Sayangnya, memiliki furniture rotan tidaklah semudah menjaganya agar tetap awet dan terlihat cantik. Karena furniture rotan termasuk satu yang sulit dirawat. Tapi jangan khawatir, kami punya, kok, solusinya! Yuk, simak cara membersihkan dan merawat furniture rotan di bawah ini.

Membersihkan Furniture Rotan

  1. Singkirkan debu dengan menggunakan vacuum cleaner
  2. Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan sisa-sisa debu yang sulit dijangkau vacuum cleaner.
  3. Rapikan serat-serat dan serabut yang menonjol ke luar dengan menggunakan gunting. Jangan mencabut serat karena membuat furniture semakin rusak.
  4. Gunakan lap yang diberi larutan pembersih (deterjen) untuk membersihkan noda pada furniture.
  5. Lap furniture dengan menggunakan lap kering hingga furniture benar-benar terbebas dari air. Air yang tersisa dapat membuat rotan lembab dan berjamur.

Setelah selesai dengan proses pembersihan debu dan kotoran. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah merawat furniture rotan. Anda dapat menyimak langkah-langkahnya berikut ini.

Merawat Furniture Rotan

  1. Basmi Rayap  dari furniture rotan dengan cara mencampur larutan kapur barus dan minyak tanah. (satu sendok kapur barus: 200 mililiter minyak tanah) lalu masukkan ke dalam botol semport, kocok-kocok kemudian semprotkan pada permukaan perabot rotan.
  2. Agar furniture rotan warna alaminya tetap terjaga, ada baiknya Anda melakukan finishing ulang dengan melapisinya dengan wax atau melamik. Dua jenis cat tersebut dapat memberikan efek baru kepada furnitur rotan yang sudah memudar. Cara menggunakan adalah dengan menyemprotkan cat ke seluruh permukaan perabot. Lakukan prosesn ini minimal empat tahun sekali agar furnitur rotan selalu tampak prima.
  3. Hindari menaruh perabot rotan di tempat yang terpapar sinar matahari langsung karena warnanya dapat rusak. Hal serupa juga dapat terjadi jika furniture rotan ditempatkan di ruangan yang lembap.
  4. Selain sinar matahari, sebaiknya dijauhkan juga dari air. Rotan dapat dengan cepat menyerap air, dan apabila dibiarkan lama-lama, akan mengikis material kayu dan membuatnya cepat keropos. Simpan di tempat yang teduh dan aman.

Penutup

Saat ini furniture rotan masih banyak digemari oleh banyak orang. Soalnya, rotan memberikan ciri khas tersendiri bagi penggemarnya. 

Bentuk rotan yang mempunyai struktur yang detail dan rumit serta serat-serat yang terlihat unik menjadi salah satu sebab furniture rotan menjadi pilihan yang banyak digunakan untuk mengisi hunian. Selain untuk furniture, rotan sudah terkenal dan banyak digunakan sebagai kerajinan tangan.